Kepahiang, suaramahardika.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pasar Kepahiang optimis meningkatkan pelayanan kesehatan untuk seluruh lapisan masyarakat khususnya wilayah Pasar Kepahiang dan sekitarnya. Selain itu merupakan Puskesmas pertama yang menerapkan Rekam Medis Elektronik (RME), di Kabupaten Kepahiang yang di launching pada tahun lalu oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang. Ternyata disini ada kotak Pengaduan dan Scan Barcode untuk menyampaikan keluhan dan kepuasan pasien.
Kepala Puskesmas Pasar Kepahiang Heni Mahita.S.Tr Keb menerangkan Manfaat kegunaan rekam medis elektronik secara umum yaitu sebagai pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, alat bukti dalam proses penegakan hukum, disiplin kedokteran gigi, penegakan etika kedokteran, keperluan pendidikan, penelitian, sebagai dasar pembiayaan kesehatan dan data statistik kesehatan. Karena rekam medis elektronik berisikan kumpulan hal-hal penting yang mencakup catatan tentang identitas, riwayat kesehatan, pemeriksaan tindakan serta pengobatan pasien, maka rekam medis elektronik harus diisi secara lengkap, dan akurat.
“ Rekam medis elektronik memiliki beberapa aspek kegunaan yaitu aspek administrasi, aspek medis, aspek hukum, aspek keuangan, aspek penelitian, aspek pendidikan, dan aspek dokumentasi. Dengan melihat aspek tersebut rekam medis elektronik mempunyai manfaat kegunaan yang luas, karena tidak hanya menyangkut antara pemberi pelayanan kesehatan dengan pasien saja, tetapi keterbukaan masalah keuangan karena kita juga melayani BPJS dan harus tertib administrasi terkait keuangan Negara yang kita kelola,” terang Heni.
Upaya ini telah dibuktikan dengan penghargaan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu,dengan nilai survei masyarakat 95,80 yang diperoleh Puskesmas Kepahiang Februari lalu merupakan skor tertinggi dari 7 OPD lokus di Kabupaten Kepahiang.
“ Alhamdulillah selama 2 tahun berturut turut kami memperoleh penghargaan dari ombudsman RI Perwakilan Bengkulu dengan survei pelayanan kepada masyarakat memperoleh nilai tertinggi tahun ini tentunya apresiasi harus dipertahankan, dan kami akan selalu berupaya berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Heni.
Setiap Ruangan juga diletakkan Nama-Nama petugas, dan setiap petugas menggunakan Name Tag dan juga disediakan scan barcode kepuasan serta keluhan masyarakat dan kotak pengaduan sehingga apabila ada keluhan masyarakat bisa langsung melalui scan barcode dan kotak keluhan.
“ Jika ada masyarakat yang mengeluhkan pelayanan dan kurang puas terhadap pelayanan bisa menggunakan barcode dan kotak pengaduan juga tahu siapa nama petugasnya,” sampai Heni.
Saat ini Puskesmas Pasar Kepahiang Memiliki 7 Dokter. Untuk yang selalu standby antara lain Poli anak dr.Rafida Aulia, Poli umum dr.Muhammad Taupan, Poli gigi dr.Christian Agung Prasetya ada lagi 4 dokter internship lainnya. belum Ada juga bidan 29 orang, perawat 17 orang dan untuk tenaga lainnya ada 33 orang. (Ded-010)